Flutter dan BLOC Pattern

Pada kesempatan ini, saya ingin mengajak anda untuk sama-sama belajar membuat aplikasi Android dengan menggunakan Flutter dan mengimplementasikan BLOC pattern pada aplikasi tersebut.

Artikel ini akan saya perbarui setiap minggunya. sampai proses pembuatan aplikasi yang dimaksud selesai.


Apa itu Flutter?

Flutter adalah sebuah framework open-source yang dikembangkan oleh Google untuk membangun antarmuka (User Interface/UI) aplikasi Android dan iOS.

Apa itu BLOC Pattern?

BLOC pattern adalah state management system untuk Flutter yang direkomendasikan oleh Google developers. BLOC pattern membantu pengelolaan state dan membuat akses ke data tersentralisasi.

Mengapa BLOC?

Ketika membangun atau membuat aplikasi yang production-ready, manajemen pengelolaan state menjadi sangat penting. Oleh karena itu, architectural pattern atau structured project / codebase diperlukan. BLOC berusaha membuat perubahan state dapat diprediksi dengan mengatur kapan perubahan state dapat terjadi, dan “memaksakan” satu cara (khusus) untuk mengubah state pada (keseluruhan) aplikasi.

Bagaimana BLOC mengelola state?

Dengan menggunakan pendekatan STREAMS atau REACTIVE. Secara umum, data akan bergerak dari BLOC ke UI, atau dari UI ke BLOC, dalam bentuk streams. Penjelasan dan pembahasan lebih lanjut mengenai streams dapat dibaca dijawaban StackOverflow berikut: What is a stream.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *