Clean Agile : Back to Basics Part 4

After Snowbird

Setelah pertemuan 2 hari di Snowbird, Uncle bob dan semua rekannya yang terlibat dalam pertemuan itu bekerja keras untuk menuntaskan dokumen dan prinsip-prinsip dari agile, merapihkannya, merumuskannya dan menambahkannya di website. mereka bekerjasama untuk menuntaskan pembukuan dan dokumentasi dari pertemuan itu, mengenai empat nilai itu, mereka semua setuju tanpa ada satupun yang mau untuk merubahnya. mereka bekerja dengan baik dan semakin dekat layaknya sebuah keluarga.

Mereka melakukan komunikasi menggunakan email untuk saling menambahkan, atau berdiskusi untuk menyempurnakan prinsip empat value tersebut, sampai akhirnya selesai dan mereka kembali ke pekerjaan mereka masing-masing.

Uncle bob sempat terpikir mengenai Idea dari Alistair yang ingin membuat pertemuan serupa, dan masi banyak orang-orang lain di sana yang mempunyai idea yang sama, yaitu membuat pertemuan untuk membahas masa depan pembangunan software, dan mereka pun akan menemukan akhir yang sama dengan pertemuan snowbird .

Dapat disimpulkan bahwa banyak programer yang mempunyai keresahan yang sama dengan masa depan software development, mereka pun merasakan hal yang dirasakan oleh uncle bob, merasakan bagaimana waterfall saja tidak cukup dalam pembangunan software kedepannya, sehingga dibutuhkan alternatif yang bisa memudahkan seorang programer, perusahaan, customer dan yang berkaitan, untuk membuat metode pembangunan software. Dan inilah Agile, hasil dari diskusi yang panjang dan kesepakatan dari 17 senior programer dengan keunikan dan sudutpandang yang berbeda namun mempunyai tujuan yang sama. Bravooo

Part 4 sudah selesai , kita lanjut ke part 5 ” Agile Overview “

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like