Clean Agile: Back to Basics Part 3

SNOWBIRD

Bagian ini adalah tentang pertemuan snowbird di Utah, pertemuan dari 17 orang senior programer yang sudah berumur yang berkumpul untuk membahasa sebuah topik , yaitu “The Light Weight Process Summit“, para senior yang mencoba untuk memecahkan permasalahan di dunia programing dan software untuk kedepannya. Kita akan bahas berdasarkan kisah dari Uncle bob, sehingga bisa mengetahui kondisi yang digambarkan oleh uncle Bob.

Uncle bob menceritakan tentang pertemua snowbird,
Semua undangan hadir dalam forum itu, terdapat 17 orang yang berkumpul mepresentasikan pandangan yang berbeda, termasuk 5 pandangan yang berbeda tentang “Light Weight Process“. kelompok paling besar dihadiri oleh XP Team (Extream Programing) yang terdiri dari: Kent Beck, Uncle Bob, James Grenning, Ward Cunningham, Dan Ron Jeffries. dari The Scrum Team diwakilkan oleh: Ken Schwaber, Mike Beedle, dan Jeff Sutherland. Jon Kern mempresentasikan Feature-Driven Development, Arie van Bennekum mempresentasikan The Dynamic Systems Development Method (DSDM), Alistair Cockburn mempresentasikan Crystal family of processes.

Sebagian dari peserta tidak berafiliasi. Andy Hunt dan Dave Thomas merupakan programer yang pragmatis, Brian Marick sebagai Test Consultant. Jim Highsmith adalah seorang software management consultant, Steve Mellor yang mempresentasikan the Model-Driven philosophy, dan Martin Fowler seseorang yang dekat dengan kita semua.

Saya tidak begitu ingat tentang pertemuan 2 hari itu, namun beberapa dari teman saya membantu saya mengingat diskusi pada hari itu, karna cukup sulit untuk menggambarkan semua dari seorang yang berumur 65 tahun, tapi saya jamin jika yang saya ingat adalah hal-hal yang penting.

Saya memulai pertemuan itu, menjelaskan kepada peserta undangan untuk membuat suatu tujuan dan manifestasi dari Light Weight Process beserta pengembangan software dimasa yang akan datang, kami melakukan hal pada umumnya, yaitu menulis semua masalah-masalah yang kami temui dan memulai mengurutkannya sesuai dengan kelompok persamaannya. Saya tidak sadar saat hal yang menakjubkan terjadi, saat seseorang menuliskan di sebuah papan mengenai empat hal: Individuals and Interactions, Working Software, Customer Collaboration, and Responding to Change. dan hal itu dapat mewakilkan the complementary values of processes, tools, documentation, contracts, and plans, tanpa mengurangi maknanya sedikitpun.

Ini adalah Pusat/inti dari Agile, semua orang tidak mengingat siapa yang pertama kali menuliskannya di papan, ada yang berkata itu adalah ward Cunningham, namun Ward sendiri yakin jika yang menulis di papan adalah martin fowler.

Dalam agilemanifesto.org Ward menunjukkan jika seseorang yang lebih banyak menulis di papan adalah martin fowler, Ward menujukkan kepercayaannya bahwa martinlah yang memberikan Idea cemerlang tersebut.

Kami semua bersatu, dan ini merupakan keajaiban. dalm tim kecil itu ada yang menuliskan beberapa kata, ada yang mengoreksinya dan memperbaikinya, memberikan saran dan masukan, ward menulis dalam sebuah pembukaan ” We are uncovering better ways of developing software by doing it and helping others do it”, dan dari sini yang kami sadari bahwa kami sudah menyelesaikannya, ada perasaan yang melegakan di ruangan itu, tidak ada perbedaan pendapat lagi, tidak ada perbedaan argumen lagi, dan tidak ada yang memberikan alternatif lainnya, yang tersisa hanya 4 baris ini:

Individuals and interactions over processes and tools.
Working software over comprehensive documentation.
Customer collaboration over contract negotiation.
Responding to change over following a plan.

Apakah ini sudah selesai ? hmm, saya rasa begitu, meskipun akan banyak detail yang belum terungkap yang harus kita selesaikan. Namun, apa yang akan kita sematkan untuk hal yang belum terindetifikasi ini ? dari sinilah kita mulai memberi nama yang pantas untuk 4 nilai tersebut, saya lebih suka menyebutnya Light Weight Process, ada yang memberi sematan inconsequential, Adaptive dan ada yang menyebutkan Agile, namun kata yang paling baik di antara yg baik adalah ” Agile”. dan ward mengajukan untuk di muat dalam website agilemanifesto.org, sebagai bentuk persetujuan dari semua peserta perkumpulan ini.

Inilah hasil dari pertemuan 17 orang senior programing, yang menciptakan metode untuk membuat dan mengembangkan software dimasa yang akan datang. dari sinilah pijakan yang dibuat oleh ke 17 orang tersebut, dan pertemuan itu di abadikan di agilemanifesto.org. sebagai bentuk kesatuan mereka.

Seru kan, kita akan terus lanjutkan yang ke part ke 4 “After Snowbird”

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like