Asp.Net Core, Overview Basic Feature Untuk Tipikal Web Application

Asp.Net Core adalah framework MVC berbasis cloud untuk membangun aplikasi web di Windows, Mac, dan Linux. Ini merupakan kombinasi dari MVC dan Web API dalam satu framework web programming.

Keunggulan dari Asp.Net Core yaitu lebih ramping dan modular karena banyak arsitektur, open-source dan mudah untuk membangun aplikasi Asp.Net lintas platform pada Windows, Mac, dan Linux. Asp.Net Core dapat dibangun di atas Kestral, IIS, HTTP.sys, Nginx, Apache, ataupun Docker.

Membangun aplikasi dapat menggunakan IDE Visual Studio, yang terbaru saat ini adalah Visual Studio 2019.

Untuk mulai membuat aplikasi web ASP.NET pertama yg diperlukan adalah aplikasi Visual Studio 2019, teman teman bisa mendownloadnya di https://visualstudio.microsoft.com/downloads .

Setelah selesai menginstalnya, kita bias mulai membuat aplikasinya dengan langkah langkah sebagai berikut ini:

Buka aplikasi Visual Studio

Selesai dibuka aplikasinya, kita akan sampai dihalaman start, dihalaman ini kita pilih Create New Project.

Dihalaman Create new project ketikkan asp.net di search box ,kemudian pilih c# di dropdown language dan pilih windows di dropdown platform, setelah itu dimenu tersebut bisa ditemukan template ASP.NET Core Web Application, kita pilih dan kemudian klik tombol next.

Dihalaman Configure your new project ada tiga input yaitu:

Project name

Location

Solution name

Dihalaman ini kita cukup mengisi input Project name dengan mengetikkan HelloWorld dan secara otomatis akan mengisi input lainnya, setelah itu tekan tombol Create

Di halaman Create a new Asp.NET Core Web Application kita pilih Web Application dan pastikan di dropdown di atas terpilih .NET Core dan ASP.NET Core 3.1, setelah itu tekan tombol Create.

Dihalaman utama ,template yg sudah kita pilih tadi, bisa mulai kita gunakan, untuk mengetes halaman tersebjut bisa kita gunakan beberapa shortcut yg biasa di pakai ,yaitu:

CTRL+SHIFT+B

CTRL+F5

F5

Setiap ada perubahan di controller kita harus membuild ulang projectnya dengan menggunakan shortcut ctrl+shift+b

Untuk menjalankan web kita bisa menggunakan tanpa debug menggunakan shortcut ctrl+f5 atau menggunakan f5 untuk debug.

Setelah kita menggunakan shortcut ctrl+f5 secara otomatis browser terbuka dengan alamat localhost:44399 dan menampilkan halmana home, di halaman ini bisa kita lihat ada dua menu ,yaitu:

Home

Privacy

Halaman home posisi filenya ada di folder Pages dan nama filenya Index.cshtml.

Halaman privacy posisi filenya ada di folder Pages dan nama filenya Privacy.cshtml.

Untuk melakukan perubahan kita buka file Index.cshtml ,kemudian lihat dibaris 8 ada tulisan Welcome ,coba kita rubah jadi Hello World kemudian kita save, setelah itu kita buka browser yg tadi sudah terbuka kemudian kita refresh dengan menggunakan shortcut CTR+SHIFT+R untuk mereffresh halaman home ,disini bisa kita lihat perubahanyg sudah kita save tadi.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like

Tipe Data dalam C# Part 1

Ada beberapa tipe data dalam ASP.NET Core, yaitu: Tipe data skalar: Boolean Integer Float String Selain itu, ada…